Sunday, March 15, 2015

Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN)

Soal-soal USM STAN bisa didownload di sini.

Sekolah Tinggi Akuntansi Negara adalah salah satu perguruan tinggi kedinasan di Indonesia, yang berdiri di bawah naungan Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Sama dengan perguruan tinggi kedinasan lainnya, STAN tidak memungut biaya selama proses perkuliahan. Tidak ada uang bangunan, SPP, dan segala macam jenisnya.

STAN terletak di Jalan Bintaro Utama Sektor V, Tangerang Selatan. Terletak sekitar 1,5 kilometer dari Bintaro Plaza. Akses masuk ke STAN bisa dari pintu utama (Jalan Bintaro) atau dari pintu belakang (Jalan Raya Ceger). Banyak angkutan umum yang bisa digunakan untuk mencapai ke sana.

Lulusan STAN diharapkan nantinya untuk menjadi CPNS di lingkungan Kementerian Keuangan. Namun, bukan hanya Kementerian Keuangan, lulusan STAN juga biasanya ditempatkan di Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

STAN merupakan perguruan tinggi kedinasan yang paling banyak peminatnya di Indonesia. Semua lulusan sekolah menengah, baik itu SMA, MA, SMK bisa mendaftar dengan catatan nilai rata-rata UAN dan UAS minimal 7,00.

STAN memiliki enam program studi untuk Diploma III yaitu:
  • Akuntansi
  • Perpajakan
  • Bea Cukai
  • Kebendaharaan Negara/Anggaran
  • Pengurusan Piutang dan Lelang Negara (PPLN)
  • Penilai (PBB)
Sedangkan untuk Diploma I biasanya hanya perpajakan, bea cukai, dan kebendaharaan negara.

Lama pendidikan untuk Diploma III adalah enam semester/tiga tahun dan untuk Diploma I adalah dua semester/satu tahun. Pendidikan di STAN berlaku sistem drop out bagi mahasiswa yang IPKnya tidak memenuhi batas minimal yang dipersyaratkan.

Selama menempuh pendidikan, mahasiswa tingkat 3 (semester 5 dan 6) akan memperoleh uang saku. Namun untuk mahasiswa tingkat 1 dan 2, tidak memperoleh uang saku.

Untuk informasi lebih lanjut bisa buka website resminya di www.stan.ac.id. 

Demikian mudah-mudahan bermanfaat. Semangat belajar ^_^

Share this

0 Comment to "Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN)"

Post a Comment