Tuesday, March 29, 2016

Pendaftaran Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) 2016 Dibuka Hari Ini

Pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) Tahun 2016 telah resmi dibuka, bagi yang ingin mendaftar silakan segera mendaftar pada program Beasiswa PBSB Kementerian Agama.

Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) Kementerian Agama saat ini sudah memasuki tahun ke-10.

PBSB merupakan upaya untuk mempercepat ketertinggalan lembaga pendidikan pondok pesantren di bidang sains dan teknologi,dan tentu saja untuk penguatan tafaqquh fiddin.Alumnus program ini diharapkan menjadi pionir pemberdayaan masyarakat (community development) di lingkungan pondok pesantren.

Program Beasiswa Santri Berprestasi untuk pertama kalinya dimulai pada tahun 2005.Semula hanya bermitra dengan dua pergurun tinggi yaitu IPB dan UIN Syarif Hidayatullah.

Sampai dengan tahun 2013 menjadi 17 perguruan tinggi, yaitu:
  1. IPB,
  2. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta,
  3. ITB Bandung,
  4. UPI Bandung,
  5. UGM Yogyakarta,
  6. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta,
  7. IAIN Walisongo Semarang,
  8. ITS Surabaya,
  9. UIN Sunan Ampel Surabaya,
  10. UNAIR Surabaya, 
  11. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang,
  12. UIN Sunan Gunung Djati Bandung,
  13. Universitas Mataram,
  14. Universitas Indonesia,
  15. Universitas Islam Malang (UNISMA),
  16. Universitas Surya Serpong, dan
  17. Sekolah Tinggi Agama Islam NU (STAINU) Jakarta
beasiswa pbsb

Jadwal Pendaftaran PBSB

Jadwal penting terkati PBSB yang harus anda pegang:

NO URAIAN TANGGAL PELAKSANAAN
1 PENGUMUMAN PENDAFTARAN 25-Mar-16
2 MASA PENDAFTARAN 29 MARET s.d 22 APRIL 2016
3 VERIFIKASI DATA 23 s.d 26 APRIL 2016
4 PENGUMUMAN PESERTA LOLOS VERIFIKASI DATA 27-Apr-16
5 PENGUMUMAN LOKASI TEST UJIAN PESERTA 29-Apr-16
6 PELAKSANAAN TEST PBSB ONLINE (CBT) 03 s.d 15 MEI 2016
7 PENGUMUMAN KELULUSAN 26-Mei-16

Persyaratan dan Ketentuan

Pengajuan bagi santri yang ingin mengikuti Seleksi Calon Peserta PBSB  :

1) Pondok Pesantren yang ingin mengusulkan santrinya untuk mengikuti seleksi wajib terdaftar di Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota setempat, dibuktikan dengan telah memiliki NSPP (Nomor Statistik Pondok Pesantren) dan telah terdata di kemenag.go.id dengan data yang telah diisi lengkap.

2) Calon Peserta PBSB adalah:
  • Santri yang bersekolah pada tingkat akhir dan lulus pada tahun 2016 di Madrasah Aliyah (MA) yang berada dinaungan pondok pesantren; atau
  • Santri lulusan pesantren muadalah/pesantren salafiyah dan ijazah paket C pada tahun 2015 dan 2016 yang diselenggarakan oleh pondok pesantren, khusus pilihan studi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam;
  • Santri yang bersekolah pada tingkat akhir dan lulus pada tahun 2016 di MA yang berada dinaungan pondok pesantren, atau Santri lulusan pesantren muadalah/pesantren salafiyah dengan ijazah paket C yang diselenggarakan oleh pondok pesantren, yang hafal (hafidz) minimal 10 juz, khusus bagi pilihan studi pada UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

3) Pondok Pesantren melakukan seleksi untuk menentukan santri untuk mengikuti Seleksi Calon Peserta PBSB Tahun 2016, dengan:

Kriteria Umum:

  • Santri mukim minimal 3 tahun berturut-turut;
  • Berusia maksimal (per 1 Juli 2016):
  • 20 tahun untuk santri tingkat akhir pada MA (lahir pada tanggal 1 Juli 1996, 2 Juli 1996, dan seterusnya);
  • 20 tahun untuk santri lulusan pesantren muadalah/pesantren salafiyah dengan ijazah paket C yang diselenggarakan oleh pondok pesantren(lahir pada tanggal 1 Juli 1996, 2 Juli 1996, dan seterusnya).
  • Memiliki prestasi akademik yang baik dan akhlaq yang terpuji;
  • Sangat diutamakan yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Kriteria Khusus:

Bagi Santri yang berminat untuk studi pada UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta:
  • Wajib mengupayakan serta mempertahankan Hafidz Al-Qur’an 10 Juz dan Hafal 100 Hadist pada saat menyelesaikan studi pada UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
  • Hafidz Al-Qur’an 10 Juz dan Hafal 100 Hadist merupakan persyaratan kelulusan program S1 peserta PBSB pada UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Ketentuan untuk pilihan studi pada UIN Maulana Malik Ibrahim Malang:
  • Santri lulusan Madrasah Alliyah (MA), Pesantren Muadalah, Pesantren Penyelenggara Paket C, yang hafal (hafidz) minimal 10 juz serta wajib mengupayakan serta mempertahankan Hafidz Al-Qur’an 30 Juz pada saat menyelesaikan studi pada UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
  • Hafidz Al-Qur’an 30 Juz merupakan persyaratan kelulusan program S1 peserta PBSB pada UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

4) Daftar Pilihan studi beserta ketentuan lebih lanjut sebagaimana pada lampiran Daftar Pilihan Studi Seleksi Calon Peserta PBSB Tahun 2016

5) Santri yang diajukan melakukan registrasi secara online melalui pbsb.ditpdpontren.kemenag.go.id.

6) Santri dapat mengunduh Formulir Registrasi dan Tanda Peserta Ujian Test CBT setelah melakukan registrasi

7) Santri menyerahkan Formulir Printout dan Tanda Peserta Ujian Test CBT yang ditandatangani oleh peserta, orang tua, dan pimpinan pondok pesantren disertai:
  • Salinan KTP/Akte Kelahiran/Kartu Keluarga/Surat Keterangan Lahir (minimal dikeluarkan oleh Desa/Kelurahan), dan
  • Salinan Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN), untuk santri pondok pesantren salafiyah dengan ijazah Paket C yang diselenggarakan oleh pondok pesantren; atau
  • Salinan Tanda Kelulusan yang dikeluarkan oleh pondok pesantren, untuk santri lulusan pesantren muadalah kepada pondok pesantren sebagai bagian dari kelengkapan Surat Pengajuan Mengikuti Seleksi Calon Peserta PBSB Tahun 2016 (format terlampir), untuk bersama-sama diajukan untuk mengikuti Seleksi Calon Peserta PBSB Tahun 2016.

8) Pimpinan Pondok Pesantren membuat 1 (satu) Surat Pengajuan Mengikuti Seleksi Calon Peserta PBSB Tahun 2016, yang didalamnya memuat saluruh santri yang diajukan dan disusun berdasarkan urutan prioritas pengajuan, sesuai dengan ketentuan nomor 3 huruf d (Sangat diutamakan yang berasal dari keluarga kurang mampu)

Berkas Pengajuan Santri disusun dalam satu map, terpisah untuk masing-masing santri dengan ketentuan:

    Dalam satu Berkas Pengajuan Santri terdiri dari:
  • Printout Formulir Registrasi;
  • Tanda Peserta Ujian CBT;
  • Salinan KTP/Akte Kelahiran/Kartu Keluarga/Surat Keterangan Lahir (minimal dikeluarkan oleh Pemerintah Desa/Kelurahan);
  • Salinan Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) Paket C untuk santri pondok pesantren salafiyah dengan ijazah Paket C yang diselenggarakan oleh pondok pesantren atauSalinan Tanda Kelulusan yang dikeluarkan oleh pondok pesantren, untuk santri lulusan pesantren muadalah
    Ketentuan warna map:
  • BIRU, untuk peserta yang mendaftar pada Bidang Studi IPA
  • KUNING, untuk peserta yang mendaftar pada Bidang Studi IPS
  • HIJAU, untuk peserta yang mendaftar pada Bidang Studi KEAGAMAAN

9) Pondok Pesantren meminta Surat Keterangan dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota yang menyatakan bahwa pondok pesantren tersebut telah terdaftar dan memiliki NSPP, serta telah terdata di kemenag.go.id dengan data yang telah diisi lengkap.

10) Surat Pengajuan Mengikuti Seleksi Calon Peserta PBSB Tahun 2016 dan Surat Keterangan dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota sebagaimana ketentuan nomor 10 disatukan dalam 1 (satu) map berwarna COKLAT, selanjutnya disebut sebagai Dokumen Pengajuan Pesantren

11) Pesantren membawa langsung Dokumen Pengajuan Pesantren berikut Berkas Pengajuan Santri, ataumelalui pos/jasa pengiriman tercatat ke Kanwil Kemenag Propinsi setempat.

12) Kanwil Kemenag Propinsi mendata Pesantren Pengaju Untuk Seleksi Calon Peserta PBSB Tahun 2016 dengan format yang telah ditentukan (Form-1.B).

Pilihan Studi

Pilihan Studi meliputi 3 (tiga) Bidang Pilihan Studi, yaitu IPA, IPS, dan KEAGAMAAN.

Daftar Pilihan studi yang tersedia untuk setiap bidang pilihan studi berikut ketentuannya sebagaimana pada Daftar Pilihan Studi Seleksi Calon Peserta PBSB Tahun 2016.

Calon peserta seleksi dapat memilih 2 (dua) pilihan studi dengan ketentuan bahwa pilihan tersebut dalam bidang yang sama. Khusus untuk pilihan studi pada bidang IPA atau IPS, pilihan studi tersebut harus dalam satu perguruan tinggi yang sama.

Materi Seleksi

Materi seleksi meliputi :

1. Tes Potensi Akademik (70 menit; 60 soal pilihan ganda)

Ujian ini untuk mengukur kemampuan verbal, kuantitatif dan penalaran, sehingga kemampuan santri untuk melanjutkan pendidikan tinggidapat dievaluasi. Diperuntukkan untuk seluruh Bidang Pilihan Studi

2. Tes Kemampuan Bidang Studi (120 menit; 60 soal pilihan ganda untuk MIPA)

Ujian ini untuk mengukur kemampuan akademik dalam hal:

  • Materi MIPA untuk Bidang Pilihan Studi IPA, mencakup Matematika IPA, Fisika, Kimia, dan Biologi
  • Materi IPS untuk Bidang Pilihan Studi IPS, mencakup Matematika IPS, Ekonomi, Sosiologi, dan Geografi
  • Materi Keagamaan untuk Bidang Pilihan Studi KEAGAMAAN mencakup Fiqih, Tafsir, Hadist, Aqidah Akhlak dan Sejarah Kebudayaan Islam

3. Tes Bahasa dan Kepesantrenan

(60 menit; Bahasa Inggris 20 soal pilihan ganda, Bahasa Arab 20 soal pilihan ganda, Kepesantrenan 20 soal pilihan ganda)

4. Wawancara (150 menit, 10 Juz)

Test lisan/wawancara hanya dilakukan terhadap calon peserta PBSB yang berminat untuk studi pada UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dilakukan untuk memastikan hafalan Al Qur’an adalah minimal 10 juz sebagai syarat masuk

Program Studi yang Ditawarkan

Program studi yang ditawarkan dapat dilihat di sini.

Panduan Pendaftaran

Panduan Pendaftaran silakan Download di sini.

Informasi lebih lanjut dan Pendaftaran PBSB 2016 silakan buka pbsb.ditpdpontren.kemenag.go.id.

Share this

0 Comment to "Pendaftaran Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) 2016 Dibuka Hari Ini"

Post a Comment