Tuesday, March 24, 2015

STMKG (SEKOLAH TINGGI METEOROLOGI, KLIMATOLOGI, DAN GEOFISIKA)

Soal-soal Sipencatar STMKG dapat didownload di sini.
STMKG adalah perguruan tinggi kedinasan di bawah naungan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Sebelumnya, STMKG ini bernama Akademi Meteorologi dan Geofisika (AMG). Sejak tahun 2014, dengan diterbitkannya Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2014 tanggal 23 April 2014 tentang Perubahan Akademi Meteorologi dan Geofisika (AMG) menjadi Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG), maka AMG resmi berubah nama menjadi STMKG.

STMKG beralamat di Jalan Perhubungan 1 Nomor 5, Pondok Betung, Bintaro, Tangerang. Letaknya tidak terlalu jauh dari kampus STAN, cukup naik angkot sekali dari pintu belakang STAN (jalan ceger raya).

Fasilitas yang tersedia di STMKG di antaranya adalah Ruang kuliah, Perpustakaan, Laboratorium, Ploting Lab, Cyber Campus, Marching Band, Sarana Olah Raga, Fitness, dan Klinik. Jumlah pengajar kurang lebih ada 19 orang baik lulusan S1, S2, maupun S3.

Ada empat jurusan di STMKG yaitu:

1. Meteorologi
Standar kompetensi dari jurusan meteorologi yaitu mampu melakukan kegiatan pengamatan/observasi meteorologi permukaan, meteorologi penerbangan, meteorologi maritim dan meteorologi udara atas.

2. Klimatologi
Standar kompetensi dari jurusan klimatologi yaitu mampu melaksanakan pengamatan dan pengumpulan data iklim dan kualitas udara.

3. Geofisika
Standar kompetensi dari jurusan Geofisika mampu melakukan pengamatan unsur-unsur geofisika.

4. Instrumentasi
Standar kompetensi dari jurusan Instrumentasi yaitu mampu melakukan instalasi perbaikan secara terbatas meteorologi, klimatologi, kualitas udara dan geofisika, komunikasi dan komputer.

Lulusan dari STMKG diproyeksikan untuk menjadi CPNS di lingkungan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika. Jadi STMKG masih ikatan dinas. Selama menjalani pendidikan, taruna tidak dipungut biaya, malah mendapatkan uang saku.

Penerimaan Mahasiswa baru biasanya dilaksanakan bulan Maret April. Untuk tahun ini info pendaftaran belum keluar. Insyaalloh setelah ada pengumuman resmi akan saya update di sini. 

Demikian mudah-mudahan bermanfaat..

Website resmi STMKG 
PENERIMAAN MAHASISWA BARU STIS 2015
PENERIMAAN MAHASISWA BARU STSN 2015
PENERIMAAN MAHASISWA BARU STIP JAKARTA 2015
PENERIMAAN MAHASISWA POLITEKNIK GAJAH TUNGGAL 2015 (IKATAN DINAS JUGA, PERUSAHAAN SWASTA/GT GROUP)
STAN

Share this

0 Comment to "STMKG (SEKOLAH TINGGI METEOROLOGI, KLIMATOLOGI, DAN GEOFISIKA)"

Post a Comment